Pages

Tuesday 24 August 2010

PUPUK ORGANIK


PENGGUNAAN TANAMAN LEGUM UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS LAHAN
  • Usaha pertanian pada suatu lahan yang dilakukan secara terus menerus tanpa tindakan konservasi akan mengakibatkan kemunduran pada produktivitas lahan, selain itu penggunaan pupuk kimia yang berlebihan yang dilakukan dalam jangka panjang dihawatirkan selain akan mencemari lingkungan juga merupakan pemborosan serta menguras sumber daya alam. Untuk mengantisipasi masalah ini diupayakan dengan penggunaan pupuk organik. Pemberian bahan organik akan memperbaiki sifat fisik , kimia dan biologi tanah, dengan demikian akan menambah kemampuan tanah untuk menyimpan air dan meningkatkan ketersediaan hara tanah.
  • Pemberian pupuk organik dapat berupa bahan organik segar yang diberikan secara langsung ke dalam tanah atau melalui proses pengomposan terlebih dahulu.
  • Pemakaian pupuk organik segar memerlukan jumlah yang sangat besar, sulit dalam penempatannya, serta memerlukan waktu dekomposisi yang lama di dalam tanah.
  • Penggunaan pupuk organik yang telah dikomposkan memerlukan jumlah yang lebih sedikit dibandingkan dengan pemberian bahan organik segar, disamping itu melepaskan hara yang lebih cepat tersedia bagi tanaman.

No comments:

Post a Comment