Pages

Wednesday 11 August 2010

Pencemaran air


Pencemaran air didefinisikan sebagai perubahan kualitas air dalam sifat fisik, kimia atau biologis yang disebabkan oleh karena kegiatan manusia. Penggunaan pupuk kimia yang terus menerus danberlebihan akan menyebabkan pencemaran oleh nitrat ataupun fosfat. Nitrat dan fosfat yang terbawa air dan masuk ke saluran, kolam , ataupun danau akan menyebabkan pertumbuhan ganggang yang sangat pesat sehingga persediaan oksigen dalam air menjadi berkurang. Keadaan ini diperparah dengan banyaknya ganggang yang mati akan membusuk sehingga akan merugikan kehidupan organisme lainnya.
Disamping penggunaan pupuk kimia pencemaran air ini dapat pula disebabkan karena penggunaan pestisida pada tanaman.
Biota dalam ekosistem air beraneka ragam antara lain jenis virus, bakteri,protozoa, plankton serta binatang atau tanaman tingkat tinggi, dan masing2 mempunyai kepekaan yang berbeda terhadap perubahan lingkungan. Sifat ini dapat digunakan sebagai indikator untuk penentuan kualitas air pada suatu ekosistem.
Jenis2 protozoa seperti Coleps sp, Arcella sp,Diflugia sp,Tintinnopsis sp, Paramecium sp dan Keratella sp mempunyai peranan penting dalam pengendalian lingkungan karena berfungsi sebagai dekomposer sehingga merupakan produsen bagi organisme yang lebih besar. Hilangnya protozoa sebagai akibat polusi air akan menimbulkan terganggunya ekosistem.

No comments:

Post a Comment