Pages

Sunday 25 July 2010

Pengelolaan tanah ( 1 )


Pengelolaan tanah bertujuan meningkatkan kesuburan tanah yang dicirikan dengan meningkatnya kandungan bahan organik dalam tanah .Tanah yang subur sanggup menahan erosi dan dapat menciptakan kelembaban, udara, hara, kemasaman dan suhu yang sesuai dengan kebutuhan tanaman, sehingga diperoleh peningkatan hasil yang dapat dipertahankan tetap berada pada level yang tinggi.
  • Pengertian erosi adalah berpindahnya partikel halus dan bahan organik tanah dari permukaan tanah yang disebabkan kekuatan angin dan air, sehingga dalam waktu cepat atau lambat akan terjadi tanah kurus, cepat kering dan pada keadaan yang sangat ekstrim terbentuk tanah tandus yang tidak produktif lagi.
  • Kelembaban tanah merupakan kepentingan yang sangat kritis bagi pertumbuhan tanaman sehingga tanah tropis perlu dikelola untuk memperoleh tingkat kelembaban yang cukup bagi pertumbuhan tanaman. Keadaan yang sangat kering menyebabkan tanaman layu dan terjadi gangguan pada penyerapan hara. Metoda terbaik untuk meningkatkan kapasitas menahan air oleh tanah adalah dengan penambahan bahan organik berupa pupuk kandang atau kompos yang diberikan pada permukan tanah ataupun dibenamkan ke dalam tanah.

No comments:

Post a Comment